PERANGKAT EXSTERNAL/ PERIPHERAL
Peripheral
Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya.
Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.
Printer
Printer merupakan alat yang
digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung
dengan menggunakan media kertas ataupun
yang lainnya. Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran. Dot matrik, Ink Jet, dan Laser Jet.
Printer Dot Matrik merupakan
printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya. Ink Jet
menggunakan tinta,
sedangkan laser jet menggunakan
serbuk laser. Sedangkan
jenis konektor
printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port
dan USB Port.
Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Yaitu memindai gambar dan text. Hanya saja hasilnya akan terlihat di layar, bukan di kertas. Scanner tidak akan bekerja pada
sistem operasi apabila tidak ada driver di
dalam sistem operasi tersebut.
Modem
Modem merupakan salah satu
perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telphone agar data berhubungan Internet Service Provider
(ISP).
Modem ada dua macam, yaitu
modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di
dalam motherboard dalam bentuk kartu.
Teknik pemasangannya sama
seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem
external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktu. Karena pemasangan modem hanya tinggal
menancapkan konektor yang telah
disediakan seperti USB atau Serial Port.
VGA
Card
Kartu VGA dalam komputer
generasi sekarang sudah menjadi satu dengan mainboard dengan memori sekitar 32 MB,
tetapi kualitas grafisnya kurang bagus.
Kualitas resolusi grafis monitor dapat ditingkatkan dengan cara menambahkan VGA card
yang dipasang pada slot PCI (Peripheral
Component Interconnect)
dan AGP (Accelerated
Graphics Port).
Kapasitas memori VGA yang besar
akan membuat
tampilan grafis lebih bagus dan dapat
digunakan untuk software game yang membutuhkan resolusi grafis yang tinggi.
Saat ini peran AGP
mulai
digantikan dengan PCI Express.
Card
Reader
Digunakan untuk membaca memori flash
seperti :
•Multimedia Memory Card (MMC)
•Secure Digital (SD)
•Extreme Digital (XD)
•Memory Stick
•Compact Flash
TV
Tuner Card
Alat ini
mampu menampilkan gambar
dari channel-
channel
televisi.Prinsip kerjanya sama seperti
TV.
PC
Camera
Alat ini
digunakan untuk mengirim
video sedara real-
time kepada orang lain melalui komunikasi internet
dengan teknologi webcam. Anda akan bisa
melakukannya jika orang yang anda ajak komunikasi
memiliki webcam juga.
Joystick
Alat berbentuk
tongkat kecil
(biasanya dilengkapi
beberapa tombol
dengan fungsi yang bisa diatur) untuk
memudahkan bermain
game, misalnya mengendalikan pesawat
atau mobil. Dapat juga
berfungsi
sebagai mouse.
LAN
Card
LAN dapat definisikan sebagai
network atau jaringan sejumlah
system komputer yang lokasinya terbatas di dalam satu gedung,
satu
kompleks Gedung atau
suatu kampus dan tidak menggunakan
media fasilitas komunikasi umum seperti telepon,
melainkan
pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN
itu sendiri.
Sound
Card
Untuk menghasilkan suara, peralatan
peripheral yang dibutuhkan
adalah sound card. Komputer dapat dihubungkan ke organ bila
sound card dilengkapi fasilitas MIDI (Music Instrument Device
Interface) dan kabel MIDI untuk
dihubungkan ke synthesizer.
Memiliki microprocessor yang berfungsi
untuk menghasilkan
suara. Soundcard untuk komputer
sekarang ini telah terdapat
langsung dalam mainboardnya (onboard).
Joypad / Gamepad
Fungsinya sama dengan joystick hanya
bentuknya berbeda, mirip
papan kecil yang memiliki
pegangan dan diatasnya
banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa
berfungsi sebagai mouse.
Wireless
Network Adapter
Alat ini memiliki fungsi yang
sama
dengan LAN card, tetapi
membutuhkan alat lain,
yaitu hub wireless dan router wireless.
Dengan
wireless network
adapter, pemasangan jaringan tidak
membutuhkan banyak kabel. Jaringan yang terhubung dapat
melalui udara. Terdapat dua jenis wireless, yaitu wireless network
adapter yang dipasangkan pada slot
PCI pada mainboard, dan
wireless network adapter yang dipasangkan pada port USB.
Wireless
Router
Merupakan alat yang digunakan untuk
membangun suatu jaringan nirkabel. Wireless router dapat digunakan Untuk membagi koneksi internet broadband seperti jaringan internet, TV kabel,atau ADSL dengan membagi IP address pada komputer
yang terhubung dalam
jaringan.
Microphone
& Speaker
Untuk memasukkan dan merekam suara
serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau
game.
Capture
Card
Alat ini
berfungsi untuk merekam gambar
dari VCD/DVD atau
camcorder (handycam). Capture card ada yang
sudah menjadi satu dengan TV tuner,
sehingga perekaman atau proses capture gambar
dapat pula diambil melalui channel televisi yang sedang dipilih.
Lightpen
Alat yang
menyerupai dan dapat
Memancarkan sinar
untuk di tuliskan langsung pada layarmonitor/bidang
data khusus dirancang untuk dapat di tulisi pena khusus.
Keyboard
peripheral yang berfungsi memasukkan data berupa huruf/angka.
Printer
Peripheral yang berfungsi mencetak berupa teks/gambar dari komputer ke media tertentu.
Monitor
Peripheral yang berfungsi menampilkan data dalam media layar.
Modem
Modem (modulator demodulator):
peripheral yang berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog / sebaliknya.
USB
USB ( Universal Serial Bus) :
perangkat yang dapat dihubungkan
ke komputer
menggunakan USB portabel perangkat tertentu yang terlihat mirip dengan flash drive USB
Contoh
Instalasi Fisik
Instalasi printer :
Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port /konektor USB port pada Komputer.
• *Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
• * Hubungkan printer ke jala-jala
listrik.
• * Dan pastikan ada ativitas
dalam printer tersebut (catrigde
bergerak).
• *Sampai langkah ini instalasi
peripheral
secara fisik sudah selesai.
* *Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu
pemasangan driver.
I
P
Instalasi software
Langkah – langkahnya adalah :
Masukan CD
Driver bawaan printer tersebut,
dalam praktek kali ini printer
yang akan
diinstal adalah printer Canon BJC-2100.
Setelah CD dimasukan, Windows akan
secara
otomatis menjalankan file eksekusi dan
akan muncul kotak dialog seperti berikut :
•Setelah itu tekan tombol Next,
Dan setelah itu akan muncul kotak
dialog seperti berikut,
pilih option Printer
Driver klik Start:
• Proses pengcopy-an file driver sedang
berlangsung sedang berlangsung.
•Setelah proses peng-copy-an file selesai,
akan muncul kotak dialog seperti gambar
di bawah ini, klik Manual
Selection.(2.1)
•Dan setelah itu akan muncul kotak
dialog seperti
berikut ini. Pilih port
yang ingin digunakan.
(2.2)
Klik Next.
Penginstalan telah selesai
dan printer siap digunakan.
Pemodelan Perangkat Lunak
Introduction to Software Engineering
Apakah perangkat lunak itu?
Apakah peran perangkat lunak?
Bagaimana perkembangan perangkat lunak?
Apakah permasalahan perangkat lunak?
Apakah jenis aplikasi perangkat lunak?
Apakah perbedaan antara perangkat lunak (software),rekayasa perangkat lunak (software
engineering) danrekayasa sistem (system engineering)?
Apa isu dan tanggungjawab professional perekayasaperangkat lunak?
Perangkat Lunak (Software)
Software adalah sekelompok item atau objek yangmembentuk konfigurasi di mana di dalamnya termasuk:
Program
: sekumpulan instruksi yang ketikadieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yangdiinginkan.
Data : sekumpulan data
yang memungkinkanprogram memanipulasi informasi.
Dokumen : sekumpulan dokumen yangmenggambarkan operasi dan penggunaan program.
Peranan Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah sebuah produk
Menyajikan potensi komputasi
Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi,menampilkan atau mengirimkan informasi
Perangkat lunak adalah alat untuk menyajikansebuah produk
Mendukung atau menyediakan langsung fungsisistem
Mengendalikan program lain (mis : operating
system)
Mempengaruhi komunikasi (mis : networking
software)
Membantu membangun PL lain (mis : software
tools)
Perkembangan Perangkat Lunak
Batch Orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelahdata dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu,atau proses dilakukan setelah data terkumpul,lawan dari batch adalah Online atau Interactive
Process. Keuntungan dari Interactive adalahmendapatkan data
yang selalu up to date.
• Limmited distribution
Suatu penyebaran software
yang terbatas padaperusahaanperusahaan tertentu.
• Custom software
Software
yang dikembangkan berdasarkankeinginan perusahaanperusahaan tertentu.
Era Kedua
¨ Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan olehbeberapa user pada saat yang sama.
¨ Real Time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan,menganalisa dan mentransformasikan data dariberbagai sumber, mengontrol proses danmenghasilkan output dalam mili second.
¨ Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data
yang OnLine menyebabkan muncul generasipertama DBMS
(DataBase Management System).
¨ Product Software
Adalah software
yang dikembangkan untuk dijualkepada masyarakat luas.
Era Ketiga
Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan padakomputer induk (Host
computer), daerah ataubidang lainnya yang juga memiliki komputer yangukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawandari distributed
system adalah Centralized System.
Embedded Intelegence
Suatu product
yang diberi tambahan “Intellegence”dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yangmutakhir. Contohnya adalah automobil,
robot,peralatan diagnostic serum darah.
Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, inidimungkinkan karena munculnya Personal
Computer.
Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murahmenyebabkan banyaknya software
yangdikembangkan,
software ini memberi dampak yangbesar terhadap masyarakat.
Era Keempat
• Expert system
Suatu penerapan A.I.
(Artificial Intellegence) padabidang-bidang tertentu, misalnya bidangkedokteran, komunikasi, dll.
• AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagianotak manusia. Misalnya mesin robot, komputercatur.
• Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proseskerja LAN paralel,
yang dimungkinkan adanyaprosesor berbeda dalam satu komputer
Produk Perangkat Lunak
Produk perangkat lunak dibuat untuk pelanggantertentu ataupun untuk pasar umum Produkperangkat lunak ada dua jenis :
Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulanpengguna yang berbeda atau pasar umum.
Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu penggunatunggal sesuai dengan spesifikasi yang diinginkanpengguna.
Kategori Aplikasi Perangkat Lunak
system software
application software
engineering/scientific software
embedded software q product-line software
WebApps (Web applications)
AI software
Kategori Baru Perangka Lunak
Obiquitous computing — jaringan nirkabel.
Netsourcing—Web sebagai mesin komputasi.
Open
source—kode program dibuka gratis kepadakomunitas komputasi.
Juga …
Data mining
Grid computing
Cognitive machines
Software for nanotechnologies
Krisis Perangkat Lunak
Adalah sekumpulan masalah yang ditemukan dalampengembangan software komputer. Masalahnyatidak hanya terbatas pada software
yang tidakberfungsi sebagaimana mestinya, tetapi krisissoftware ini terdiri dari masalah yang berhubungandengan :
Bagaimana mengembangkan software
Bagaimana memelihara software yang ada,
yangberkembang dalam jumlah besar
Bagaimana mengimbangi permintaan software
yangmakin besar.
Masalah Perangkat Lunak
Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat
Produktivitas orang-orang software (programmer)
yang tidak dapat mengimbangi permintaankebutuhan software
Kualitas software yang kurang baik.
Penyebab Masalah Perangkat Lunak
Karakteristik software itu sendiri
Software
yang bersifat logika dibandingkanfisik, oleh karena itu mengukur software harusmerupakan suatu kesatuan, tidak sepertihardware.
Software bersifat tidak aus, menyebabkankesalahan yang terjadi pada software.Umumnya terjadi pada tahap pengembangan.
Manajer tingkat menengah dan tingkat atasyang tidak mempunyai latar belakang software,seringkali diberi tanggungjawab untukmengembangkan software. Padahal tidaksemua manajer itu dapat me-manage semuaproyek. Praktisnya :
software programmer atausoftware
engineering mendapatkan latihanformal
yang sedikit dalam hal teknik barupengembangan software.
Kegagalan mereka yang bertanggungjawab dalampengembangan software.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos:
Jika sebuah perusahaan memutuskanuntuk melakukan outsourcing suatu proyeksoftware, perusahaan tidak perlu melakukanapapun dan cukup membiarkan perusahaanoutsource untuk melakukan keseluruhan proyek.
Realitas: Apabila sebuah perusahaan tidak mengertibagaimana cara
mengatur dan menngontrol sebuah proyek softwaresecara internal, usaha akan selau dibutuhkanmeskipun outsourcing dilakukan.
Mitos:
Kebutuhan software berubah secara terus-menerus, tetapi perubahan tersebut dapat denganmudah diatasi, karena software itu fleksibel.
Realitas: Kebutuhan software memang akan terusberubah, namun dampak dari perubahan tersebutsangat bervariasi berdasarkan tahap dimanaperubahan itu terjadi.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos: Ketika program ditulis dan dapatdijalankan, pekerjaan kita selesai.
Realitas: Pada kenyataannya 60%-80% darikeseluruhan pekerjaan dilakukan setelah softwarediberikan kepada user untuk pertama kalinya.
Mitos:
Satu-satunya produk yang dapatdisampaikan dari proyek yang berhasil adalahprogram
yang dapat dijalankan.
Realitas:
Program hanya merupakan salah satubagian dari konfigurasi software
yang terdiri daribanyak elemen lainya (contoh:
model, dokumentasi,perencanaan, dll).
Dll……..
Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Rekayasa perangkat lunak (RPL) atau Software
Engineering atau (SE) adalah satu bidang profesiyang mendalami cara-cara pengembanganperangkat lunak termasuk pembuatan,pemeliharaan, manajemen organisasipengembanganan perangkat lunak dan manajemenkualitas.
Software engineering adalah (IEEE Computer Society):
Penerapan suatu pendekatan yang sistematis,disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan,penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak.
Studi tentang pendekatan-pendekatan seperti pada(1)
System Engineering (Rekayasa Sistem)
System
engineering adalah sub disiplin rekayasayang berkaitan dengan manajemen keseluruhanproyek rekayasa selama siklus hidup mereka (lebihfokus pada aspek fisik)
yang terkait dengan logistik,koordinasi tim, kontrol mesin otomatis, proses kerjadan alat serupa .
System
engineering mempunyai kaitan dengansemua aspek pengembangan system berbasiskomputer yang mencakup perangkat keras,perangkat lunak,dan yang terkait dengan prosesbisnis.
Software Engineering VS System Engineering
Rekayasa sistem berkaitan Rekayasa perangkatlunak dengan semua aspek adalah bagian daridalam pembangunan rekayasa sistem yang
sistem berbasis komputer meliputi pembangunan
termasuk hardware,
pembangunan perangkat
rekayasa perangkat lunak lunak, infrasktruktur,
dan proses.
kontrol, aplikasi dan
database pada sistem.
Para ahli sistem (system
engineers) terlibat dalamspesifikasi sistem, desain arsitektural, integrasi danpeluncurannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Confidentiality (Kerahasiaan)
Engineer seharusnya menghormati kerahasiaan dariklien mereka tanpa tergantung denganya atautidaknya suatu persetujuan kerahasiaan formalditandatangani.
Competence (Kemampuan)
Engineer mestinya tidak salah menggambarkantingkatan kemampuannya. Mereka mestinya tidakdengan sadar menerima pekerjaan yang diluarkemampuannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Intellectual property rights (Hak milik intelektual)
Engineers harus sadar akan hokum local
yangmengatur penggunaan dari property intelektualseperti hak paten, hak cipta, dll. Mereka harusseksama untuk memastikan bahwa intelektualproperty klien harus dilindungi.
Computer misuse (Penyalahgunaan Komputer) Software
engineers mestinya tidak menggunakankecakapan teknis mereka untuk menyalahgunakankomputer orang lain. Penyalahgunaan komputerdari yang
relative sepele (misal untuk bermaingame) sampai yang serius (misal pemberian virus)
Kamis, 27 Juli 2017
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
KELAS XI RPL 2
SEMESTER GANJIL
KONSEP REKAYASA PL
uBerasal dari 2 kata, yaitu Software
(Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa).
uPerangkat Lunak (Software) adalah source
code pada suatu program atausistem
u source code
u dokumentasi
uEngineering atau Rekayasa adalah penerapan teori, metode, dan alat bantu
yang sesuai untuk mencari solusi terhadap masalah dengan pendekatansistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis sertaaplikasi tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk,proses atausistem
DEFINISI REKAYASA PL
uRekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak mulai yang mencakup hal-hal teknis hingga hal-hal manajerial proyek PL.
TUJUAN RPL
1.Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan
tepat waktu.
3.Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis
4.platform.
5.Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (1)
usoftwareRequirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkatlunak
usoftware desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dankarakteristik lain dari perangkat lunak
usoftwareconstruction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasukalgoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
usoftwaretesting meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
usoftware maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telahdioperasikan
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (2)
usoftware configuration
management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasiperangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
usoftware engineering
management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
usoftware engineering tools and
methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu danmetode RPL
usoftware engineering
process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran,pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
usoftwarequality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
KARAKTERISTIK PL (1)
uUnderstandability, yaitu sejauh mana proses secara eksplisit ditentukan danbagaimana kemudahan definisi proses itu dimengerti.
uVisibility, apakah aktivitas‐aktivitas proses mencapai titik akhir dalam hasil yang jelassehingga kemajuan dari proses tersebut dapat terlihat nyata/jelas.
uSupportability, yaitu sejauh mana aktivitas proses dapat didukung oleh CASE.
uAcceptability, apakah prosesyang telah ditentukan oleh insinyur dapat diterimadan digunakan dan mampu bertanggung jawab selama pembuatan produkperangkat lunak.
SOAL
1. Jelaskan fungsi peripheral!
2.
Sebutkan macam macam peripheral!
3. Jenis peripheral output adalah
4.
Apa yang dimaksud dgn Peripheral
komputer?
5.Jelaskan fungsi Wireless Network
Adapter!
JAWABAN
1. adalah komponen tambahan yang berfungsiuntuk mendukung kerja komputer sehinggafungsi
kerja komputer menjadi maksimal
2. mouse , monitor , VGA card , keyboard , joy stick
3. Adalah peralatan yang kita gunakan untukmenampilkan hasil pengolahan data atauperintah yang
dilakukan oleh komputer.
4. Peripheral adalah hardware tambahan yangdisambungkan ke komputer, biasanyadengan bantuan
kabel ataupun sekarang sudah banyakperangkat peripheral
wireless.
5. sebuah perangkat jaringan yang berfungsimenerima dan mentransmisikan sinyal ataumembagikan
koneksi WiFi (Wireless
Fidelity) dari satukomputer ke komputer lain
P
Instalasi software
Langkah – langkahnya adalah :
Masukan CD
Driver bawaan printer tersebut,
dalam praktek kali ini printer
yang akan
diinstal adalah printer Canon BJC-2100.
Setelah CD dimasukan, Windows akan
secara
otomatis menjalankan file eksekusi dan
akan muncul kotak dialog seperti berikut :
•Setelah itu tekan tombol Next,
Dan setelah itu akan muncul kotak
dialog seperti berikut,
pilih option Printer
Driver klik Start:
• Proses pengcopy-an file driver sedang
berlangsung sedang berlangsung.
•Setelah proses peng-copy-an file selesai,
akan muncul kotak dialog seperti gambar
di bawah ini, klik Manual
Selection.(2.1)
•Dan setelah itu akan muncul kotak
dialog seperti
berikut ini. Pilih port
yang ingin digunakan.
(2.2)
Klik Next.
Penginstalan telah selesai
dan printer siap digunakan.
Pemodelan Perangkat Lunak
Introduction to Software Engineering
Apakah perangkat lunak itu?
Apakah peran perangkat lunak?
Bagaimana perkembangan perangkat lunak?
Apakah permasalahan perangkat lunak?
Apakah jenis aplikasi perangkat lunak?
Apakah perbedaan antara perangkat lunak (software),rekayasa perangkat lunak (software
engineering) danrekayasa sistem (system engineering)?
Apa isu dan tanggungjawab professional perekayasaperangkat lunak?
Perangkat Lunak (Software)
Software adalah sekelompok item atau objek yangmembentuk konfigurasi di mana di dalamnya termasuk:
Program
: sekumpulan instruksi yang ketikadieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yangdiinginkan.
Data : sekumpulan data
yang memungkinkanprogram memanipulasi informasi.
Dokumen : sekumpulan dokumen yangmenggambarkan operasi dan penggunaan program.
Peranan Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah sebuah produk
Menyajikan potensi komputasi
Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi,menampilkan atau mengirimkan informasi
Perangkat lunak adalah alat untuk menyajikansebuah produk
Mendukung atau menyediakan langsung fungsisistem
Mengendalikan program lain (mis : operating
system)
Mempengaruhi komunikasi (mis : networking
software)
Membantu membangun PL lain (mis : software
tools)
Perkembangan Perangkat Lunak
Batch Orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelahdata dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu,atau proses dilakukan setelah data terkumpul,lawan dari batch adalah Online atau Interactive
Process. Keuntungan dari Interactive adalahmendapatkan data
yang selalu up to date.
• Limmited distribution
Suatu penyebaran software
yang terbatas padaperusahaanperusahaan tertentu.
• Custom software
Software
yang dikembangkan berdasarkankeinginan perusahaanperusahaan tertentu.
Era Kedua
¨ Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan olehbeberapa user pada saat yang sama.
¨ Real Time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan,menganalisa dan mentransformasikan data dariberbagai sumber, mengontrol proses danmenghasilkan output dalam mili second.
¨ Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data
yang OnLine menyebabkan muncul generasipertama DBMS
(DataBase Management System).
¨ Product Software
Adalah software
yang dikembangkan untuk dijualkepada masyarakat luas.
Era Ketiga
Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan padakomputer induk (Host
computer), daerah ataubidang lainnya yang juga memiliki komputer yangukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawandari distributed
system adalah Centralized System.
Embedded Intelegence
Suatu product
yang diberi tambahan “Intellegence”dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yangmutakhir. Contohnya adalah automobil,
robot,peralatan diagnostic serum darah.
Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, inidimungkinkan karena munculnya Personal
Computer.
Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murahmenyebabkan banyaknya software
yangdikembangkan,
software ini memberi dampak yangbesar terhadap masyarakat.
Era Keempat
• Expert system
Suatu penerapan A.I.
(Artificial Intellegence) padabidang-bidang tertentu, misalnya bidangkedokteran, komunikasi, dll.
• AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagianotak manusia. Misalnya mesin robot, komputercatur.
• Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proseskerja LAN paralel,
yang dimungkinkan adanyaprosesor berbeda dalam satu komputer
Produk Perangkat Lunak
Produk perangkat lunak dibuat untuk pelanggantertentu ataupun untuk pasar umum Produkperangkat lunak ada dua jenis :
Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulanpengguna yang berbeda atau pasar umum.
Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu penggunatunggal sesuai dengan spesifikasi yang diinginkanpengguna.
Kategori Aplikasi Perangkat Lunak
system software
application software
engineering/scientific software
embedded software q product-line software
WebApps (Web applications)
AI software
Kategori Baru Perangka Lunak
Obiquitous computing — jaringan nirkabel.
Netsourcing—Web sebagai mesin komputasi.
Open
source—kode program dibuka gratis kepadakomunitas komputasi.
Juga …
Data mining
Grid computing
Cognitive machines
Software for nanotechnologies
Krisis Perangkat Lunak
Adalah sekumpulan masalah yang ditemukan dalampengembangan software komputer. Masalahnyatidak hanya terbatas pada software
yang tidakberfungsi sebagaimana mestinya, tetapi krisissoftware ini terdiri dari masalah yang berhubungandengan :
Bagaimana mengembangkan software
Bagaimana memelihara software yang ada,
yangberkembang dalam jumlah besar
Bagaimana mengimbangi permintaan software
yangmakin besar.
Masalah Perangkat Lunak
Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat
Produktivitas orang-orang software (programmer)
yang tidak dapat mengimbangi permintaankebutuhan software
Kualitas software yang kurang baik.
Penyebab Masalah Perangkat Lunak
Karakteristik software itu sendiri
Software
yang bersifat logika dibandingkanfisik, oleh karena itu mengukur software harusmerupakan suatu kesatuan, tidak sepertihardware.
Software bersifat tidak aus, menyebabkankesalahan yang terjadi pada software.Umumnya terjadi pada tahap pengembangan.
Manajer tingkat menengah dan tingkat atasyang tidak mempunyai latar belakang software,seringkali diberi tanggungjawab untukmengembangkan software. Padahal tidaksemua manajer itu dapat me-manage semuaproyek. Praktisnya :
software programmer atausoftware
engineering mendapatkan latihanformal
yang sedikit dalam hal teknik barupengembangan software.
Kegagalan mereka yang bertanggungjawab dalampengembangan software.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos:
Jika sebuah perusahaan memutuskanuntuk melakukan outsourcing suatu proyeksoftware, perusahaan tidak perlu melakukanapapun dan cukup membiarkan perusahaanoutsource untuk melakukan keseluruhan proyek.
Realitas: Apabila sebuah perusahaan tidak mengertibagaimana cara
mengatur dan menngontrol sebuah proyek softwaresecara internal, usaha akan selau dibutuhkanmeskipun outsourcing dilakukan.
Mitos:
Kebutuhan software berubah secara terus-menerus, tetapi perubahan tersebut dapat denganmudah diatasi, karena software itu fleksibel.
Realitas: Kebutuhan software memang akan terusberubah, namun dampak dari perubahan tersebutsangat bervariasi berdasarkan tahap dimanaperubahan itu terjadi.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos: Ketika program ditulis dan dapatdijalankan, pekerjaan kita selesai.
Realitas: Pada kenyataannya 60%-80% darikeseluruhan pekerjaan dilakukan setelah softwarediberikan kepada user untuk pertama kalinya.
Mitos:
Satu-satunya produk yang dapatdisampaikan dari proyek yang berhasil adalahprogram
yang dapat dijalankan.
Realitas:
Program hanya merupakan salah satubagian dari konfigurasi software
yang terdiri daribanyak elemen lainya (contoh:
model, dokumentasi,perencanaan, dll).
Dll……..
Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Rekayasa perangkat lunak (RPL) atau Software
Engineering atau (SE) adalah satu bidang profesiyang mendalami cara-cara pengembanganperangkat lunak termasuk pembuatan,pemeliharaan, manajemen organisasipengembanganan perangkat lunak dan manajemenkualitas.
Software engineering adalah (IEEE Computer Society):
Penerapan suatu pendekatan yang sistematis,disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan,penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak.
Studi tentang pendekatan-pendekatan seperti pada(1)
System Engineering (Rekayasa Sistem)
System
engineering adalah sub disiplin rekayasayang berkaitan dengan manajemen keseluruhanproyek rekayasa selama siklus hidup mereka (lebihfokus pada aspek fisik)
yang terkait dengan logistik,koordinasi tim, kontrol mesin otomatis, proses kerjadan alat serupa .
System
engineering mempunyai kaitan dengansemua aspek pengembangan system berbasiskomputer yang mencakup perangkat keras,perangkat lunak,dan yang terkait dengan prosesbisnis.
Software Engineering VS System Engineering
Rekayasa sistem berkaitan Rekayasa perangkatlunak dengan semua aspek adalah bagian daridalam pembangunan rekayasa sistem yang
sistem berbasis komputer meliputi pembangunan
termasuk hardware,
pembangunan perangkat
rekayasa perangkat lunak lunak, infrasktruktur,
dan proses.
kontrol, aplikasi dan
database pada sistem.
Para ahli sistem (system
engineers) terlibat dalamspesifikasi sistem, desain arsitektural, integrasi danpeluncurannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Confidentiality (Kerahasiaan)
Engineer seharusnya menghormati kerahasiaan dariklien mereka tanpa tergantung denganya atautidaknya suatu persetujuan kerahasiaan formalditandatangani.
Competence (Kemampuan)
Engineer mestinya tidak salah menggambarkantingkatan kemampuannya. Mereka mestinya tidakdengan sadar menerima pekerjaan yang diluarkemampuannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Intellectual property rights (Hak milik intelektual)
Engineers harus sadar akan hokum local
yangmengatur penggunaan dari property intelektualseperti hak paten, hak cipta, dll. Mereka harusseksama untuk memastikan bahwa intelektualproperty klien harus dilindungi.
Computer misuse (Penyalahgunaan Komputer) Software
engineers mestinya tidak menggunakankecakapan teknis mereka untuk menyalahgunakankomputer orang lain. Penyalahgunaan komputerdari yang
relative sepele (misal untuk bermaingame) sampai yang serius (misal pemberian virus)
Kamis, 27 Juli 2017
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
KELAS XI RPL 2
SEMESTER GANJIL
KONSEP REKAYASA PL
uBerasal dari 2 kata, yaitu Software
(Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa).
uPerangkat Lunak (Software) adalah source
code pada suatu program atausistem
u source code
u dokumentasi
uEngineering atau Rekayasa adalah penerapan teori, metode, dan alat bantu
yang sesuai untuk mencari solusi terhadap masalah dengan pendekatansistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis sertaaplikasi tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk,proses atausistem
DEFINISI REKAYASA PL
uRekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak mulai yang mencakup hal-hal teknis hingga hal-hal manajerial proyek PL.
TUJUAN RPL
1.Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan
tepat waktu.
3.Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis
4.platform.
5.Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (1)
usoftwareRequirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkatlunak
usoftware desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dankarakteristik lain dari perangkat lunak
usoftwareconstruction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasukalgoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
usoftwaretesting meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
usoftware maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telahdioperasikan
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (2)
usoftware configuration
management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasiperangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
usoftware engineering
management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
usoftware engineering tools and
methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu danmetode RPL
usoftware engineering
process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran,pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
usoftwarequality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
KARAKTERISTIK PL (1)
uUnderstandability, yaitu sejauh mana proses secara eksplisit ditentukan danbagaimana kemudahan definisi proses itu dimengerti.
uVisibility, apakah aktivitas‐aktivitas proses mencapai titik akhir dalam hasil yang jelassehingga kemajuan dari proses tersebut dapat terlihat nyata/jelas.
uSupportability, yaitu sejauh mana aktivitas proses dapat didukung oleh CASE.
uAcceptability, apakah prosesyang telah ditentukan oleh insinyur dapat diterimadan digunakan dan mampu bertanggung jawab selama pembuatan produkperangkat lunak.
SOAL
1. Jelaskan fungsi peripheral!
2.
Sebutkan macam macam peripheral!
3. Jenis peripheral output adalah
4.
Apa yang dimaksud dgn Peripheral
komputer?
5.Jelaskan fungsi Wireless Network
Adapter!
JAWABAN
1. adalah komponen tambahan yang berfungsiuntuk mendukung kerja komputer sehinggafungsi
kerja komputer menjadi maksimal
2. mouse , monitor , VGA card , keyboard , joy stick
3. Adalah peralatan yang kita gunakan untukmenampilkan hasil pengolahan data atauperintah yang
dilakukan oleh komputer.
4. Peripheral adalah hardware tambahan yangdisambungkan ke komputer, biasanyadengan bantuan
kabel ataupun sekarang sudah banyakperangkat peripheral
wireless.
5. sebuah perangkat jaringan yang berfungsimenerima dan mentransmisikan sinyal ataumembagikan
koneksi WiFi (Wireless
Fidelity) dari satukomputer ke komputer lain
Komentar
Posting Komentar