PERANGKAT EXSTERNAL/ PERIPHERAL

Peripheral
Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya.

Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software.  Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.

Printer
Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung 
dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya. Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran. Dot matrik, Ink Jet, dan Laser Jet. 

Printer Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya. Ink Jet menggunakan tinta, sedangkan laser jet menggunakan
serbuk laser. Sedangkan jenis konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port.

                                                             
Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopiYaitu memindai gambar dan text. Hanya saja hasilnya akan terlihat di layar, bukan di kertas. Scanner tidak akan  bekerja pada
sistem operasi apabila tidak ada driver di dalam sistem operasi tersebut.
                                                                                                        
Modem
Modem merupakan salah satu  perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telphone agar data berhubungan Internet Service Provider 
(ISP). Modem ada dua macam, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalam bentuk kartu

Teknik pemasangannya sama seperti kartu kartu lain pada umumnyaSedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktuKarena pemasangan modem hanya tinggal
menancapkan konektor yang telah disediakan seperti USB atau Serial Port.
                                                                     
VGA Card
Kartu VGA dalam komputer  generasi sekarang sudah menjadi satu dengan mainboard dengan memori sekitar  32 MB, tetapi kualitas grafisnya kurang bagus. Kualitas resolusi grafis monitor dapat ditingkatkan dengan cara menambahkan VGA card yang dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect
dan AGP (Accelerated Graphics Port).

Kapasitas memori VGA yang besar akan membuat tampilan grafis lebih bagus dan dapat digunakan untuk software game yang membutuhkan resolusi grafis yang tinggi. Saat ini peran AGP mulai  digantikan dengan PCI Express.
                              
Card Reader
Digunakan untuk membaca memori flash seperti :
Multimedia Memory Card (MMC)
Secure Digital (SD)
Extreme Digital (XD)
Memory Stick
Compact Flash

                                                                          

TV Tuner Card
Alat ini mampu menampilkan gambar  dari channel-
channel televisi.Prinsip kerjanya sama seperti TV.  
PC Camera
Alat ini digunakan untuk mengirim video sedara real-
time kepada orang lain melalui komunikasi internet 
dengan teknologi webcam. Anda akan bisa 
melakukannya jika orang yang anda ajak komunikasi 
memiliki webcam juga.
                                                      
Joystick
Alat berbentuk tongkat kecil  (biasanya dilengkapi beberapa tombol 
dengan fungsi yang bisa diatur) untuk  memudahkan bermain 
game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga 
berfungsi sebagai mouse.


LAN Card
LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah 
system komputer yang lokasinya terbatas di dalam satu gedung, 
satu kompleks Gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan 
media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan 
pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN 
itu sendiri.



Sound Card
Untuk menghasilkan suara, peralatan peripheral yang dibutuhkan 
adalah sound card. Komputer dapat dihubungkan ke organ bila 
sound card dilengkapi fasilitas MIDI (Music Instrument Device 
Interface) dan kabel MIDI untuk dihubungkan ke synthesizer. 
Memiliki microprocessor yang berfungsi untuk menghasilkan 
suara. Soundcard untuk komputer sekarang ini telah terdapat 
langsung dalam mainboardnya (onboard).

Joypad / Gamepad  
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip 
papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya 
banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.



 Wireless Network Adapter
 Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan LAN card, tetapi 
membutuhkan alat lain, yaitu hub wireless dan router wireless
Dengan wireless network adapter, pemasangan jaringan tidak 
membutuhkan banyak kabel. Jaringan yang terhubung dapat 
melalui udara. Terdapat dua jenis wireless, yaitu wireless network 
adapter yang dipasangkan pada slot PCI pada mainboard, dan 
wireless network adapter yang dipasangkan pada port USB.



 Wireless Router
Merupakan alat yang digunakan untuk membangun suatu jaringan nirkabel. Wireless router dapat digunakan Untuk membagi koneksi internet broadband seperti jaringan internet, TV kabel,atau ADSL dengan membagi IP address pada komputer yang terhubung dalam 
jaringan.

Microphone & Speaker
Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah  disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.



Capture Card
Alat ini berfungsi untuk merekam gambar  dari VCD/DVD atau camcorder (handycam). Capture card ada yang sudah menjadi satu dengan TV tuner, sehingga perekaman atau proses capture gambar dapat pula diambil melalui channel televisi yang sedang dipilih.

Lightpen
Alat yang menyerupai dan dapat Memancarkan sinar untuk di tuliskan langsung pada layarmonitor/bidang data khusus dirancang untuk dapat di tulisi pena khusus.
Keyboard
peripheral yang berfungsi memasukkan data berupa huruf/angka. 


Printer
Peripheral yang berfungsi mencetak berupa teks/gambar dari komputer ke media tertentu.
Monitor
Peripheral yang berfungsi menampilkan data dalam media layar.
Modem
Modem (modulator demodulator):  peripheral yang berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog / sebaliknya.


USB
USB ( Universal Serial Bus) :  perangkat yang dapat dihubungkan
ke komputer menggunakan USB portabel perangkat tertentu yang terlihat mirip dengan flash drive USB


Contoh Instalasi Fisik
Instalasi printer :
Tancapkan kabel printer pada  printer dan konektor parallel port /konektor USB port pada Komputer.











•   *Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
  * Hubungkan printer ke jala-jala listrik.
•  * Dan pastikan ada ativitas dalam printer tersebut (catrigde bergerak).
  *Sampai langkah ini instalasi peripheral secara fisik sudah selesai.
*  *Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu pemasangan driver.


 I









 P
Instalasi software
Langkah – langkahnya adalah :
 Masukan CD Driver bawaan printer  tersebut,
 dalam praktek kali ini printer yang akan
 diinstal adalah printer Canon BJC-2100.
 Setelah CD dimasukan, Windows akan
 secara
 otomatis menjalankan file eksekusi dan

 akan muncul kotak dialog seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvUCE-HqYmNKHf0Ze7_u-D1EbXGyFMdgn9UDZMSAXqMr0FwvIHD9vahETAiF1VHwkEMDyRR8mbuDzTjOiBnSd4Gib64DZqd3O20mWNc-yvcivjB5fAgZrnOGbOazeX2febyHXmjG7Xjn4/s320/Picture12.jpg
•Setelah itu tekan tombol Next,
  Dan setelah itu akan muncul kotak
  dialog seperti berikut,


  pilih option Printer Driver klik Start:
• Proses pengcopy-an file driver sedang

berlangsung sedang berlangsung.
•Setelah proses peng-copy-an file selesai,
akan muncul kotak dialog seperti gambar
di bawah ini, klik Manual Selection.(2.1)
•Dan setelah itu akan muncul kotak
 dialog seperti
berikut ini. Pilih port yang ingin digunakan.
(2.2)

Klik Next.
Penginstalan telah selesai


dan printer siap digunakan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLeIiGo3QlMboT7ywU7IwKan_n_IVMEyhGAOCguT6k4iBKTjt9w8_3tJOvcWUYTbAlQl1TC3qP0Q_1R7cdB9zd6R9eR90IVs47CLH1XkjuhEzTKhSP6IbDs4zUDCCZiiO_wZ0bh64L8-A/s640/Picture10.png

Pemodelan Perangkat Lunak

Introduction to Software Engineering
Apakah perangkat lunak itu?
Apakah peran perangkat lunak?
Bagaimana perkembangan perangkat lunak?
Apakah permasalahan perangkat lunak?
Apakah jenis aplikasi perangkat lunak?
Apakah perbedaan antara perangkat lunak (software),rekayasa perangkat lunak (software engineering) danrekayasa sistem (system engineering)?
Apa isu dan tanggungjawab professional perekayasaperangkat lunak?
Perangkat Lunak (Software)

Software adalah sekelompok item atau objek yangmembentuk konfigurasi di mana di dalamnya termasuk:
1.PNG
Program : sekumpulan instruksi yang ketikadieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yangdiinginkan.
Data : sekumpulan data yang memungkinkanprogram memanipulasi informasi.
Dokumen : sekumpulan dokumen yangmenggambarkan operasi dan penggunaan program.
Peranan Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah sebuah produk
Menyajikan potensi komputasi
Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi,menampilkan atau mengirimkan informasi
Perangkat lunak adalah alat untuk menyajikansebuah produk
Mendukung atau menyediakan langsung fungsisistem
Mengendalikan program lain (mis : operating system)
Mempengaruhi komunikasi (mis : networking software)
Membantu membangun PL lain (mis : software tools)

Perkembangan Perangkat Lunak
2.PNG
 Batch Orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelahdata dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu,atau proses dilakukan setelah data terkumpul,lawan dari batch adalah Online atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalahmendapatkan data yang selalu up to date.
•  Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas padaperusahaanperusahaan tertentu.
•  Custom software
Software yang dikembangkan berdasarkankeinginan perusahaanperusahaan tertentu.
Era Kedua
¨  Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan olehbeberapa user pada saat yang sama.
¨  Real Time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan,menganalisa dan  mentransformasikan data dariberbagai sumber, mengontrol proses danmenghasilkan output dalam mili second.
¨  Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasipertama DBMS (DataBase Management System).
¨  Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijualkepada masyarakat luas.
Era Ketiga
Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan padakomputer induk (Host computer), daerah ataubidang lainnya yang juga memiliki komputer yangukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawandari distributed system adalah Centralized System.
Embedded Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence”dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yangmutakhir. Contohnya adalah automobil, robot,peralatan diagnostic serum darah.
Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, inidimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murahmenyebabkan banyaknya software yangdikembangkan, software ini memberi dampak yangbesar terhadap masyarakat.
Era Keempat
•  Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) padabidang-bidang tertentu, misalnya bidangkedokteran, komunikasi, dll.
•  AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagianotak manusia. Misalnya mesin robot, komputercatur.
•  Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proseskerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanyaprosesor berbeda dalam satu komputer
Produk Perangkat Lunak
Produk perangkat lunak dibuat untuk pelanggantertentu ataupun untuk pasar umum Produkperangkat lunak ada dua jenis :
Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulanpengguna yang berbeda atau pasar umum.
Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu penggunatunggal sesuai dengan spesifikasi yang diinginkanpengguna.
Kategori Aplikasi Perangkat Lunak
system software
application software
engineering/scientific software
embedded software q  product-line software
WebApps (Web applications)
AI software
Kategori Baru Perangka Lunak
Obiquitous computing — jaringan nirkabel.
Netsourcing—Web sebagai mesin komputasi.
Open source—kode program dibuka gratis kepadakomunitas komputasi.
Juga …
Data mining
Grid computing
Cognitive machines
Software for nanotechnologies
Krisis Perangkat Lunak
Adalah sekumpulan masalah yang ditemukan dalampengembangan software komputer. Masalahnyatidak hanya terbatas pada software yang tidakberfungsi sebagaimana mestinya, tetapi krisissoftware ini terdiri dari masalah yang berhubungandengan :
Bagaimana mengembangkan software
Bagaimana memelihara software yang ada, yangberkembang dalam jumlah besar
Bagaimana mengimbangi permintaan software yangmakin besar.
Masalah Perangkat Lunak
Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat
Produktivitas orang-orang software (programmer) yang tidak dapat mengimbangi permintaankebutuhan software
Kualitas software yang kurang baik.
Penyebab Masalah Perangkat Lunak
Karakteristik software itu sendiri
Software yang bersifat logika dibandingkanfisik, oleh karena itu mengukur software harusmerupakan suatu kesatuan, tidak sepertihardware.
Software bersifat tidak aus, menyebabkankesalahan yang terjadi pada software.Umumnya terjadi pada tahap pengembangan.
Manajer tingkat menengah dan tingkat atasyang tidak mempunyai latar belakang software,seringkali diberi tanggungjawab untukmengembangkan software. Padahal tidaksemua manajer itu dapat me-manage semuaproyek. Praktisnya : software programmer atausoftware engineering mendapatkan latihanformal yang sedikit dalam hal teknik barupengembangan software.
Kegagalan mereka yang bertanggungjawab dalampengembangan software.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos:     Jika sebuah perusahaan memutuskanuntuk melakukan outsourcing suatu proyeksoftware, perusahaan tidak perlu melakukanapapun dan cukup membiarkan perusahaanoutsource untuk melakukan keseluruhan proyek.
Realitas: Apabila sebuah perusahaan tidak mengertibagaimana cara
mengatur dan menngontrol sebuah proyek softwaresecara internal, usaha akan selau dibutuhkanmeskipun outsourcing dilakukan.
Mitos:     Kebutuhan software berubah secara terus-menerus, tetapi perubahan tersebut dapat denganmudah diatasi, karena software itu fleksibel.
Realitas: Kebutuhan software memang akan terusberubah, namun dampak dari perubahan tersebutsangat bervariasi berdasarkan tahap dimanaperubahan itu terjadi.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos:     Ketika program ditulis dan dapatdijalankan, pekerjaan kita selesai.
Realitas: Pada kenyataannya 60%-80% darikeseluruhan pekerjaan dilakukan setelah softwarediberikan kepada user untuk pertama kalinya.
Mitos:     Satu-satunya produk yang dapatdisampaikan dari proyek yang berhasil adalahprogram yang dapat dijalankan.
Realitas: Program hanya merupakan salah satubagian dari konfigurasi software yang terdiri daribanyak elemen lainya (contoh: model, dokumentasi,perencanaan, dll).
Dll……..
Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Rekayasa perangkat lunak (RPL) atau Software Engineering atau (SE) adalah satu bidang profesiyang mendalami cara-cara pengembanganperangkat lunak termasuk pembuatan,pemeliharaan, manajemen organisasipengembanganan perangkat lunak dan manajemenkualitas.
Software engineering adalah (IEEE Computer Society):
Penerapan suatu pendekatan yang sistematis,disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan,penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak.
Studi tentang pendekatan-pendekatan seperti pada(1)
System Engineering (Rekayasa Sistem)
System engineering adalah sub disiplin rekayasayang berkaitan dengan manajemen keseluruhanproyek rekayasa selama siklus hidup mereka (lebihfokus pada aspek fisik) yang terkait dengan logistik,koordinasi tim, kontrol mesin otomatis, proses kerjadan alat serupa .
3.PNG
System engineering mempunyai kaitan dengansemua aspek pengembangan system berbasiskomputer yang mencakup perangkat keras,perangkat lunak,dan yang terkait dengan prosesbisnis.
Software Engineering VS System Engineering
Rekayasa sistem berkaitan Rekayasa perangkatlunak dengan semua aspek   adalah bagian daridalam pembangunan   rekayasa sistem yang
sistem berbasis komputer meliputi pembangunan
termasuk hardware,        pembangunan perangkat
rekayasa perangkat lunak      lunak, infrasktruktur,
dan proses.                             kontrol, aplikasi dan
database pada sistem.
Para ahli sistem (system engineers) terlibat dalamspesifikasi sistem, desain arsitektural, integrasi danpeluncurannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Confidentiality (Kerahasiaan)
Engineer seharusnya menghormati kerahasiaan dariklien mereka tanpa tergantung denganya atautidaknya suatu persetujuan kerahasiaan formalditandatangani.


Competence (Kemampuan)
Engineer mestinya tidak salah menggambarkantingkatan kemampuannya. Mereka mestinya tidakdengan sadar menerima pekerjaan yang diluarkemampuannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Intellectual property rights (Hak milik intelektual) Engineers harus sadar akan hokum local yangmengatur penggunaan dari property intelektualseperti hak paten, hak cipta, dll. Mereka harusseksama untuk memastikan bahwa intelektualproperty klien harus dilindungi.
Computer misuse (Penyalahgunaan Komputer) Software engineers mestinya tidak menggunakankecakapan teknis mereka untuk menyalahgunakankomputer orang lain. Penyalahgunaan komputerdari yang relative sepele (misal untuk bermaingame) sampai yang serius (misal pemberian virus)
Kamis, 27 Juli 2017

PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
KELAS XI RPL 2

SEMESTER GANJIL

KONSEP REKAYASA PL
uBerasal dari 2 kata, yaitu Software (Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa).
uPerangkat Lunak (Software) adalah source code pada suatu program atausistem
u source code
u dokumentasi
uEngineering atau Rekayasa adalah penerapan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai untuk mencari solusi terhadap masalah dengan pendekatansistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis sertaaplikasi tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk,proses atausistem

DEFINISI REKAYASA PL
uRekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak mulai yang mencakup hal-hal teknis hingga hal-hal manajerial proyek PL.
TUJUAN RPL
1.Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan 
tepat waktu.
3.Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis
4.platform.
5.Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ2ex-HAVSYeLam63aMISO5_DYYn-zKtbY1h55mQ9g80EIHuAVI_RdCS_pYKhsRGfw3-91HnHp1-UV8IenTEeT3epc7EgmenMTcSEss9vTw_cwFotGcDvpkeIi8RsQDHx1y9YgsHFUnwhN/s320/tujuan+PPL.png
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimwuGsZE4vI8HizhdfHhjrZKshTQxeiMeqPsz6QC2ozV2UBA5lKXInKQen8ZownBAOn8dj_j5dEE4R61VeuklhJEy7gzYDQpKMFeXz1ZB6T-o0l2HwQvn4c1Kgy8Gnu0hwZi3INFoJcJi5/s320/RUANG+lingkup.png

 KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (1)
usoftwareRequirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkatlunak
usoftware desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dankarakteristik lain dari perangkat lunak
usoftwareconstruction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasukalgoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
usoftwaretesting meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
usoftware maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telahdioperasikan
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (2) 

usoftware configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasiperangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
usoftware engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
usoftware engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu danmetode RPL
usoftware engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran,pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
usoftwarequality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
KARAKTERISTIK PL (1)
uUnderstandability, yaitu sejauh mana proses secara eksplisit ditentukan danbagaimana kemudahan definisi proses itu dimengerti.
uVisibility, apakah aktivitas‐aktivitas proses mencapai titik akhir dalam hasil yang jelassehingga kemajuan dari proses tersebut dapat terlihat nyata/jelas.
uSupportability, yaitu sejauh mana aktivitas proses dapat didukung oleh CASE.
uAcceptability, apakah prosesyang telah ditentukan oleh insinyur dapat diterimadan digunakan dan mampu bertanggung jawab selama pembuatan produkperangkat lunak.

SOAL


1.  Jelaskan fungsi peripheral!
2.   Sebutkan macam macam peripheral!
3.   Jenis peripheral output adalah

4.  Apa yang dimaksud dgn Peripheral 
     komputer?

5.Jelaskan fungsi Wireless Network 
      Adapter!


JAWABAN 

1. adalah komponen tambahan yang berfungsiuntuk mendukung kerja komputer sehinggafungsi
    kerja komputer menjadi maksimal

2. mouse , monitor , VGA card , keyboard , joy stick 

3. Adalah peralatan yang kita gunakan untukmenampilkan hasil pengolahan data atauperintah yang
    dilakukan oleh komputer.

4. Peripheral adalah hardware tambahan yangdisambungkan ke komputer, biasanyadengan bantuan
    kabel ataupun sekarang sudah banyakperangkat peripheral wireless.

5. sebuah perangkat jaringan yang berfungsimenerima dan mentransmisikan sinyal ataumembagikan
    koneksi WiFi (Wireless Fidelity) dari satukomputer ke komputer lain



 P
Instalasi software
Langkah – langkahnya adalah :
 Masukan CD Driver bawaan printer  tersebut,
 dalam praktek kali ini printer yang akan
 diinstal adalah printer Canon BJC-2100.
 Setelah CD dimasukan, Windows akan
 secara
 otomatis menjalankan file eksekusi dan

 akan muncul kotak dialog seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvUCE-HqYmNKHf0Ze7_u-D1EbXGyFMdgn9UDZMSAXqMr0FwvIHD9vahETAiF1VHwkEMDyRR8mbuDzTjOiBnSd4Gib64DZqd3O20mWNc-yvcivjB5fAgZrnOGbOazeX2febyHXmjG7Xjn4/s320/Picture12.jpg
•Setelah itu tekan tombol Next,
  Dan setelah itu akan muncul kotak
  dialog seperti berikut,


  pilih option Printer Driver klik Start:
• Proses pengcopy-an file driver sedang

berlangsung sedang berlangsung.
•Setelah proses peng-copy-an file selesai,
akan muncul kotak dialog seperti gambar
di bawah ini, klik Manual Selection.(2.1)
•Dan setelah itu akan muncul kotak
 dialog seperti
berikut ini. Pilih port yang ingin digunakan.
(2.2)

Klik Next.
Penginstalan telah selesai


dan printer siap digunakan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLeIiGo3QlMboT7ywU7IwKan_n_IVMEyhGAOCguT6k4iBKTjt9w8_3tJOvcWUYTbAlQl1TC3qP0Q_1R7cdB9zd6R9eR90IVs47CLH1XkjuhEzTKhSP6IbDs4zUDCCZiiO_wZ0bh64L8-A/s640/Picture10.png

Pemodelan Perangkat Lunak

Introduction to Software Engineering
Apakah perangkat lunak itu?
Apakah peran perangkat lunak?
Bagaimana perkembangan perangkat lunak?
Apakah permasalahan perangkat lunak?
Apakah jenis aplikasi perangkat lunak?
Apakah perbedaan antara perangkat lunak (software),rekayasa perangkat lunak (software engineering) danrekayasa sistem (system engineering)?
Apa isu dan tanggungjawab professional perekayasaperangkat lunak?
Perangkat Lunak (Software)

Software adalah sekelompok item atau objek yangmembentuk konfigurasi di mana di dalamnya termasuk:
1.PNG
Program : sekumpulan instruksi yang ketikadieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yangdiinginkan.
Data : sekumpulan data yang memungkinkanprogram memanipulasi informasi.
Dokumen : sekumpulan dokumen yangmenggambarkan operasi dan penggunaan program.
Peranan Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah sebuah produk
Menyajikan potensi komputasi
Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi,menampilkan atau mengirimkan informasi
Perangkat lunak adalah alat untuk menyajikansebuah produk
Mendukung atau menyediakan langsung fungsisistem
Mengendalikan program lain (mis : operating system)
Mempengaruhi komunikasi (mis : networking software)
Membantu membangun PL lain (mis : software tools)

Perkembangan Perangkat Lunak
2.PNG
 Batch Orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelahdata dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu,atau proses dilakukan setelah data terkumpul,lawan dari batch adalah Online atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalahmendapatkan data yang selalu up to date.
•  Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas padaperusahaanperusahaan tertentu.
•  Custom software
Software yang dikembangkan berdasarkankeinginan perusahaanperusahaan tertentu.
Era Kedua
¨  Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan olehbeberapa user pada saat yang sama.
¨  Real Time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan,menganalisa dan  mentransformasikan data dariberbagai sumber, mengontrol proses danmenghasilkan output dalam mili second.
¨  Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasipertama DBMS (DataBase Management System).
¨  Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijualkepada masyarakat luas.
Era Ketiga
Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan padakomputer induk (Host computer), daerah ataubidang lainnya yang juga memiliki komputer yangukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawandari distributed system adalah Centralized System.
Embedded Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence”dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yangmutakhir. Contohnya adalah automobil, robot,peralatan diagnostic serum darah.
Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, inidimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murahmenyebabkan banyaknya software yangdikembangkan, software ini memberi dampak yangbesar terhadap masyarakat.
Era Keempat
•  Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) padabidang-bidang tertentu, misalnya bidangkedokteran, komunikasi, dll.
•  AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagianotak manusia. Misalnya mesin robot, komputercatur.
•  Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proseskerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanyaprosesor berbeda dalam satu komputer
Produk Perangkat Lunak
Produk perangkat lunak dibuat untuk pelanggantertentu ataupun untuk pasar umum Produkperangkat lunak ada dua jenis :
Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulanpengguna yang berbeda atau pasar umum.
Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu penggunatunggal sesuai dengan spesifikasi yang diinginkanpengguna.
Kategori Aplikasi Perangkat Lunak
system software
application software
engineering/scientific software
embedded software q  product-line software
WebApps (Web applications)
AI software
Kategori Baru Perangka Lunak
Obiquitous computing — jaringan nirkabel.
Netsourcing—Web sebagai mesin komputasi.
Open source—kode program dibuka gratis kepadakomunitas komputasi.
Juga …
Data mining
Grid computing
Cognitive machines
Software for nanotechnologies
Krisis Perangkat Lunak
Adalah sekumpulan masalah yang ditemukan dalampengembangan software komputer. Masalahnyatidak hanya terbatas pada software yang tidakberfungsi sebagaimana mestinya, tetapi krisissoftware ini terdiri dari masalah yang berhubungandengan :
Bagaimana mengembangkan software
Bagaimana memelihara software yang ada, yangberkembang dalam jumlah besar
Bagaimana mengimbangi permintaan software yangmakin besar.
Masalah Perangkat Lunak
Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat
Produktivitas orang-orang software (programmer) yang tidak dapat mengimbangi permintaankebutuhan software
Kualitas software yang kurang baik.
Penyebab Masalah Perangkat Lunak
Karakteristik software itu sendiri
Software yang bersifat logika dibandingkanfisik, oleh karena itu mengukur software harusmerupakan suatu kesatuan, tidak sepertihardware.
Software bersifat tidak aus, menyebabkankesalahan yang terjadi pada software.Umumnya terjadi pada tahap pengembangan.
Manajer tingkat menengah dan tingkat atasyang tidak mempunyai latar belakang software,seringkali diberi tanggungjawab untukmengembangkan software. Padahal tidaksemua manajer itu dapat me-manage semuaproyek. Praktisnya : software programmer atausoftware engineering mendapatkan latihanformal yang sedikit dalam hal teknik barupengembangan software.
Kegagalan mereka yang bertanggungjawab dalampengembangan software.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos:     Jika sebuah perusahaan memutuskanuntuk melakukan outsourcing suatu proyeksoftware, perusahaan tidak perlu melakukanapapun dan cukup membiarkan perusahaanoutsource untuk melakukan keseluruhan proyek.
Realitas: Apabila sebuah perusahaan tidak mengertibagaimana cara
mengatur dan menngontrol sebuah proyek softwaresecara internal, usaha akan selau dibutuhkanmeskipun outsourcing dilakukan.
Mitos:     Kebutuhan software berubah secara terus-menerus, tetapi perubahan tersebut dapat denganmudah diatasi, karena software itu fleksibel.
Realitas: Kebutuhan software memang akan terusberubah, namun dampak dari perubahan tersebutsangat bervariasi berdasarkan tahap dimanaperubahan itu terjadi.
Mitos Perangkat Lunak
Mitos:     Ketika program ditulis dan dapatdijalankan, pekerjaan kita selesai.
Realitas: Pada kenyataannya 60%-80% darikeseluruhan pekerjaan dilakukan setelah softwarediberikan kepada user untuk pertama kalinya.
Mitos:     Satu-satunya produk yang dapatdisampaikan dari proyek yang berhasil adalahprogram yang dapat dijalankan.
Realitas: Program hanya merupakan salah satubagian dari konfigurasi software yang terdiri daribanyak elemen lainya (contoh: model, dokumentasi,perencanaan, dll).
Dll……..
Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Rekayasa perangkat lunak (RPL) atau Software Engineering atau (SE) adalah satu bidang profesiyang mendalami cara-cara pengembanganperangkat lunak termasuk pembuatan,pemeliharaan, manajemen organisasipengembanganan perangkat lunak dan manajemenkualitas.
Software engineering adalah (IEEE Computer Society):
Penerapan suatu pendekatan yang sistematis,disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan,penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak.
Studi tentang pendekatan-pendekatan seperti pada(1)
System Engineering (Rekayasa Sistem)
System engineering adalah sub disiplin rekayasayang berkaitan dengan manajemen keseluruhanproyek rekayasa selama siklus hidup mereka (lebihfokus pada aspek fisik) yang terkait dengan logistik,koordinasi tim, kontrol mesin otomatis, proses kerjadan alat serupa .
3.PNG
System engineering mempunyai kaitan dengansemua aspek pengembangan system berbasiskomputer yang mencakup perangkat keras,perangkat lunak,dan yang terkait dengan prosesbisnis.
Software Engineering VS System Engineering
Rekayasa sistem berkaitan Rekayasa perangkatlunak dengan semua aspek   adalah bagian daridalam pembangunan   rekayasa sistem yang
sistem berbasis komputer meliputi pembangunan
termasuk hardware,        pembangunan perangkat
rekayasa perangkat lunak      lunak, infrasktruktur,
dan proses.                             kontrol, aplikasi dan
database pada sistem.
Para ahli sistem (system engineers) terlibat dalamspesifikasi sistem, desain arsitektural, integrasi danpeluncurannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Confidentiality (Kerahasiaan)
Engineer seharusnya menghormati kerahasiaan dariklien mereka tanpa tergantung denganya atautidaknya suatu persetujuan kerahasiaan formalditandatangani.


Competence (Kemampuan)
Engineer mestinya tidak salah menggambarkantingkatan kemampuannya. Mereka mestinya tidakdengan sadar menerima pekerjaan yang diluarkemampuannya.
Isu dan Tanggungjawab Profesional
Intellectual property rights (Hak milik intelektual) Engineers harus sadar akan hokum local yangmengatur penggunaan dari property intelektualseperti hak paten, hak cipta, dll. Mereka harusseksama untuk memastikan bahwa intelektualproperty klien harus dilindungi.
Computer misuse (Penyalahgunaan Komputer) Software engineers mestinya tidak menggunakankecakapan teknis mereka untuk menyalahgunakankomputer orang lain. Penyalahgunaan komputerdari yang relative sepele (misal untuk bermaingame) sampai yang serius (misal pemberian virus)
Kamis, 27 Juli 2017

PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
KELAS XI RPL 2

SEMESTER GANJIL

KONSEP REKAYASA PL
uBerasal dari 2 kata, yaitu Software (Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa).
uPerangkat Lunak (Software) adalah source code pada suatu program atausistem
u source code
u dokumentasi
uEngineering atau Rekayasa adalah penerapan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai untuk mencari solusi terhadap masalah dengan pendekatansistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis sertaaplikasi tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk,proses atausistem

DEFINISI REKAYASA PL
uRekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak mulai yang mencakup hal-hal teknis hingga hal-hal manajerial proyek PL.
TUJUAN RPL
1.Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan 
tepat waktu.
3.Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis
4.platform.
5.Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ2ex-HAVSYeLam63aMISO5_DYYn-zKtbY1h55mQ9g80EIHuAVI_RdCS_pYKhsRGfw3-91HnHp1-UV8IenTEeT3epc7EgmenMTcSEss9vTw_cwFotGcDvpkeIi8RsQDHx1y9YgsHFUnwhN/s320/tujuan+PPL.png
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimwuGsZE4vI8HizhdfHhjrZKshTQxeiMeqPsz6QC2ozV2UBA5lKXInKQen8ZownBAOn8dj_j5dEE4R61VeuklhJEy7gzYDQpKMFeXz1ZB6T-o0l2HwQvn4c1Kgy8Gnu0hwZi3INFoJcJi5/s320/RUANG+lingkup.png

 KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (1)
usoftwareRequirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkatlunak
usoftware desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dankarakteristik lain dari perangkat lunak
usoftwareconstruction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasukalgoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
usoftwaretesting meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
usoftware maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telahdioperasikan
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (2) 

usoftware configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasiperangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
usoftware engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
usoftware engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu danmetode RPL
usoftware engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran,pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
usoftwarequality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
KARAKTERISTIK PL (1)
uUnderstandability, yaitu sejauh mana proses secara eksplisit ditentukan danbagaimana kemudahan definisi proses itu dimengerti.
uVisibility, apakah aktivitas‐aktivitas proses mencapai titik akhir dalam hasil yang jelassehingga kemajuan dari proses tersebut dapat terlihat nyata/jelas.
uSupportability, yaitu sejauh mana aktivitas proses dapat didukung oleh CASE.
uAcceptability, apakah prosesyang telah ditentukan oleh insinyur dapat diterimadan digunakan dan mampu bertanggung jawab selama pembuatan produkperangkat lunak.

SOAL


1.  Jelaskan fungsi peripheral!
2.   Sebutkan macam macam peripheral!
3.   Jenis peripheral output adalah

4.  Apa yang dimaksud dgn Peripheral 
     komputer?

5.Jelaskan fungsi Wireless Network 
      Adapter!


JAWABAN 

1. adalah komponen tambahan yang berfungsiuntuk mendukung kerja komputer sehinggafungsi
    kerja komputer menjadi maksimal

2. mouse , monitor , VGA card , keyboard , joy stick 

3. Adalah peralatan yang kita gunakan untukmenampilkan hasil pengolahan data atauperintah yang
    dilakukan oleh komputer.

4. Peripheral adalah hardware tambahan yangdisambungkan ke komputer, biasanyadengan bantuan
    kabel ataupun sekarang sudah banyakperangkat peripheral wireless.

5. sebuah perangkat jaringan yang berfungsimenerima dan mentransmisikan sinyal ataumembagikan
    koneksi WiFi (Wireless Fidelity) dari satukomputer ke komputer lain



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Sistem File Pada Sistem Operasi Linux

Pencarian Kesalahan Dasar Pada Komputer